Monday 6 March 2017

18:50

Meski memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari- hari manusia, namun listrik juga bisa berbahaya jika tidak digunakan dengan basik dan benar. Listrik dapat mengalir melalui logam, kawat dan benda basah yang be-resiko mengenai orang yang berada di dekatnya.

Tiap tahun ratusan orang yang meninggal akibat kecelakaan listrik. Kecelakaan listrik bisa dicegah asal anda tahu tips aman menggunakan listrik.

Sangat penting untuk Anda mengetahui tips menggunakan listrik yang aman pada peralatan-peralatan listrik di rumah.


Perhatikan hal-hal penting di bawah ini dalam penggunaan listrik yang benar di rumah Anda:

1.    Buku petunjuk penggunaan

Pahami dan pelajari penggunaan peralatan listrik pada buku panduannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2.    Perhatikan daya listrik

Dalam penggunaan peralatan listrik kita harus memperhatikan daya yang sesuai dengan daya listrik rumah kita. Karena penggunaan listrik yang melebihi kapasitas daya yang terpasang berpotensi dapat menyebabkan kebakaran. Untuk melihat daya yang dipakai untuk setiap peralatan, dapat kita lihat di body alat atau kardus tempat penyimpannannya.

3.    Hati-hati saat menyalakan atau mematikan peralatan listrik

Perhatikan kondisi stopkontak saat akan mencabut atau mematikan peralatan listrik dan jangan mendahului mematikan peralatan listrik dari stopkontak langsung sebelum alat listrik itu dimatikan sebelumnya. Hal ini untuk mencegah munculnya bunga api yang mungkin berpotensi dapat menyebabkan kebakaran.

4.    Beri sedikit ruang di sekitar peralatan listrik

Setiap peralatan listrik yang kita pakai dapat menimbulkan energi panas di sekitarnya, oleh karena itu jangan letakan peralatan listrik di tempat yang tertutup karena komponen di dalamnya mengeluarkan energi panas yang dapat menyebabkan peralatan listrik terbakar bahkan tidak dapat digunakan lagi.

5.    Jangan sentuh peralatan listrik jika tangan basah

Jika tangan Anda basah jangan sekali-kali mencoba untuk memegang peralatan listrik yang sedang menyala karena tangan yang basah mengandung air. Air merupakan penghantar listrik baik yang dapat menghantarkan arus listrik.

6. Gunakan Alat keselamatan

  Jika anda hendak beraktivitas yang berhubungan dengan listrik sangat disarankan menggunakan alat keselamatan. anda dapat menggunakan sepatu safety yang khusus di rancang tahan terhadap listrik. anda dapat membelinya secara online di tempat yang jual sepatu safety online.

6.    Jangan meletakan peralatan listrik dekat bahan kimia

Hindari meletakan bahan kimia didekat peralatan listrik karena bahan kimia dapat memicu terjadinya kebakaran. Bahaya kimia tersebut seperti obat nyamuk / cairan pembasmi serangga dan minyak tanah.

7.    Matikan peralatan listrik jika sedang mati lampu

Jika rumah Anda mengalami mati listrik, cepat matikan peralatan listrik yang sebelumnya menyala. Mungkin beberapa peralatan listrik membutuhkan daya yang besar saat pertama kali dinyalakan sehingga dikhawatirkan listrik akan kembali mati jika menyalakan peralatan listrik tersebut. Penggunaan peralatan listrik yang berputar dan berpemanas juga bisa mencederai penghuni jika menyala tiba-tiba.

Dengan memperhatikan hal-hal penting di atas semoga dapat membantu Anda agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment